Kesuksesan bukan berarti siapa yang terkuat, siapa yang terhebat, tapi siapa yang mampu berjuang demi meraih kesuksesan itu. Tidak instan memang. Kau harus berjuang melawan rasa takut akan ‘kegagalan’ yang terus membayangi dirimu. Berjuang untuk ‘bangkit’ kembali disaat apa yang kau inginkan tak pernah tercapai.

“Don’t judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again.” – Nelson Mandela

Ya, mungkin beberapa orang lebih memilih menyerah dan berhenti ketika mereka gagal. Anggapan akan “semua ini sia sia” atau “tidak mungkin ini akan kucapai” selalu hinggap di kepala mereka. Tapi, tidakkah kau berpikir bahwa semua ini akan terasa lebih sia sia (lagi) jika harus berhenti mengejar apa yang diinginkan?! Tidakkah ini akan terasa menyakitkan apabila apa yang telah kita rencanakan dengan sempurna runtuh seketika hanya dengan satu kesalahan dan memutuskan untuk menyerah?! Kegagalan memang batu sandungan yang cukup menyakitkan, tapi bukan juga hal yang dapat menghapus keberhasilan. Ketika kamu jatuh, jangan tetap di bawah. Jatuh bukan berarti kalah, itu hanya berarti kamu harus bangkit dan kembali mencoba.

“Menusia harus sukses dengan menjalani kesusahan terlebih dahulu dan berjuang untuk menghancurkan kesusahan itu.” – Merry Riana

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan tujuan dalam hidupnya. Berjuang dengan segala keyakinan yang kita miliki, dengan segala keteguhan dan mental baja. Secara bertahap, hidup menjadi rutinitas tanpa kedalaman dan makna. Lalu suatu hari, kau mencoba untuk melupakan dan memulai semuanya dari awal, menunggu hari baru untuk membuat hidup terasa berbeda. Tapi hambatan baru datang, dan dengan itulah kau berhenti lagi. Kau menjadi penuh keputusasaan dan kemarahan atas ketidakberdayaan diri sendiri. Tapi ingatlah satu hal: jangan pernah menyerah, terus berjuang hingga kau menang. Tidak peduli bahwa kau telah kehilangan satu pertempuran atau bahkan puluhan pertempuran. Hidup terus berlalu!. Ingatlah kedua orang tuamu. Mereka menaruh harapan terhadap dirimu. Harapan bahwa suatu saat anaknya akan menjadi lebih baik dari mereka. Harapan bahwa suatu saat anaknya akan mengangkat derajat dan martabat keluarga. Harapan bahwa suatu saat nanti mereka akan tersenyum penuh bangga dan mengatakan ‘inilah anakku’ atas prestasinya!. Kobarkan semangat apimu demi harapan mereka!.

“My success is only by Allah” – Quran Hud:88

Jangan pernah lelah untuk berdoa, berusaha. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Allah tidak pernah tidur. Allah akan selalu bersama orang orang yang giat berjuang demi apa yang ia inginkan, dan percayalah apa yang telah Allah rencanakan untuk hidupmu lebih indah dari mimpimu dan percayalah bahwa tidak ada hasil yang menghianati usaha.

“Saat ini yang dibutuhkan hanyalah kaki yang akan  berjalan lebih jauh dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekat yang seribu kali lebih kuat dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa.” – 5 cm